Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Kamis, 21 April 2016

Ini Dia Kata Anak KOMBUN : Menjaga Semangat Menulis



Tips dan trik,
Tema bulan April 2016 yang bikin gue bingung. Mau ngasih tips apa gue? trik? trik mencontek biar gak ketauan dosen? itu mah kita semua udah jago banget. Gak perlu lah gue ngasih trik begituan.


Berawal dari pertanyaan gue terhadap diri sendiri tentang gimana sih menjaga semangat nulis gue? Nulis tema bulanan dari KOMBUN aja gue angot-angotan. Ada lagi si Tiwi nantangin gue buat nulis sebulan 4 postingan. Satu dari KOMBUN dan tiga laginya tema yang di kasih dia. Tetep aja gue angot-angotan nulisnya. Dari tiga yang dikasih gue baru nulis satu. Eh lah ngapa curhat? Gapapa lah blog gue ini.

Pertanyaan yang timbul dari diri sendiri untuk diri sendiri akhirnya gue tanyakan ke anak-anak KOMBUN. Tentunya gue tanyakan ini di Whatsapp. Kalo nungguin kopdar mah lama, PJ kopdarnya males wkwk

"Guys ada yg tau gimana cara nambah semangat nulis di diri kita?"

Dan berbagai jawaban pun muncul.

Fafa : Tulis apa yang harus ditulis

Arief Hidayat : Inget senengnya kalo tulisan kita dibaca orang

Pertiwi : Jalan-jalan
Arief Hidayat : Sama Pevita

Arief Hidayat : Puasa senen kemis, sholat dhuha, infaq.

Fafa : tidur

Gue : itu udah semua. tetep aja semangat nulis kendor

Pertiwi : Itu ya yang salah dr diri lo sendiri. Malas. Kalo mau nulis ya mesti nulis. Biasakan tetap nulis.

Fitri : Baca buku "menulis lah seperti sholat"


Fafa : Yaaa gue kadang ngerasa gitu juga bang. When I need motivation, my one solution is my queen cuz she stay strong yea yeaah ~

Gue : kalo sholatnya jarang tp nulisnya getol? bijimana tuh?

Fitri : Kan permisalan doang ka yud. Sholat itu wajib. Maka nulis pun harus begitu

Galih : Cara bikin motivasi menulis dari diri sendiri ialah dengan tidak menulis. Balik lagi aku mau share tentang motivasi menulis ialah dengan tidak menulis. Bila menulis menjadi jalan hidupmu maka kamu akan kembali menulis, trust me.
Aku pernah punya statement, "kalau mau jago nulis ya harus latihan nulis, bukan latihan baca." Salah? Faktanya adalah untuk bisa menulis kita perlu materi atau bahan tulisan, kalau kita bisa hebat kaya orang jaman dulu yang bisa nulis walau tanpa baca. Ingat, untuk bisa jadi pelari yang hebat tidak hanya harus pandai latihan berlari, ia harus latihan pernapasan, atut pola makan juga, dan jadi pelari hebat adalah goalnya. Jadi untuk bisa menambah motivasi menulis ialah melakukan hal selain menulis. Misalnya main dota, latihan Pramuka, godain cewek di pendopo kampus, atau cari dedek-dedek gemes penambah vitamin C. Cinta.
Apa pun kehidupanmu, rasa mencintai dan dicintai itu diperlukan. Untuk apa? Ya, perhatian dan pengertian.
Oke, terima kasih buat kamu. Semoga aku bisa membalas pengertianmu dan perhatianmu lebih lagi dalam hidup ini.

Begitulah kata mereka, manusia aneh yang terkumpul dalam satu komunitas. Temennya nanya serius malah ada yang jawab bercanda.

Karena gue sendiri masih angot-angotan nulisnya, jadi gue cuma bisa minta tips dari mereka dan membagikannya di blog gue ini.

Semoga kita semua, khususnya gue, semakin semangat nulisnya. 

"Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, kamu harus melakukan 2 hal: MEMBACA yang BANYAK, dan MENULIS yang BANYAK!"
(Stephen King)

4 komentar:

  1. Jadi sekarang gue bakalan ga mau jawab semua pertanyaan lu di whatsapp. Hahaha

    Intinya adalah tetap menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu kan emang kagak jawab pertanyaan gue bang wkwk

      nulis teruuuus

      Hapus
  2. IYA IH SIAPA SIH PJ KOPDAR? MALES BANGET!

    Ini postingan curang, ya. Curang kamu, Yud. Huh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau tuh pj kopdarnya. ganti aja, Wi, ganti!!

      kok aku curang sih?

      Hapus