Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Membuat Kerajinan dari Sampah : Gantungan Rautan

di post sebelumnya gue pernah ngepost prestasi pertama gue yaitu lolos PKM-Kewirausahaan, disitu gue cuma cerita pengalaman gue bersama temen-temen gue. nah sekarang gue bakal kasih tau nih gimana sih bikin produk gue yang judulnya Gantungan Rautan Keanekaragaman Hewan Langka. simak baik-baik dan langsung praktekin ya, lumayan butuh waktu loh hehe


ingat, kerajinan tangan ini bahan utamanya adalah kaleng. kaleng yang terbaik itu adalah kaleng minuman susu beruang (boleh pake kaleng yang lain kok). kenapa gue pilih itu, karena tidak mudah rusak. dah bahan-bahan yang harus disiapkan adalah :
kaleng bekas minuman
rautan
dempul
amplas
gunting/cutter
lem tembak dan tembakan lem
pilox
stiker (bisa pakai stiker atau tidak)
pembolong kaleng/paku kecil

pertama yang harus dilakukan adala BERSIHKAN kaleng dari kotoran dan plastikpembungkusnya.
setelah sudah bersih, potong menjadi dua dengan ukuran 6cm dari atas kaleng.
pada bagian bawah, gunakan cutter untuk memotong seperti pada gambar agar kaleng bawah dengan atas dapat digabungkan.
selanjutnya, pada bagian bawah kaleng, gunakan lem tembak untuk merekatkan kaleng dengan rautan.
bila rautan sudah merekat, gabungkanlah bagian bawah kaleng (didalam) dan bagian atas kaleng (diluar)
setelah itu, lubangi kaleng bagian atas untuk menempatkan gantungan

selanjutnya, dempul bagian atas dan bawah kaleng, agar tidak ada bagian yang tajam sehingga aman digunakan. bila dempulan sudah kering jangan lupa untuk di amplas agar lebih rapih

setelah di amplas, maka kaleng siap untuk di pilox. gunakanlah warna sesuai keinginan anda.
setelah di pilox, lalu pasang gantungan dan selanjutnya di tempel stikernya. untuk stiker, boleh di pasang atau tidak terserah kalian.
SELESAI, Gantungan Rautan Keanekaragaman Hewan Langka bisa digunakan





memang cukup memakan tenaga dan keringet bikinnya, tapi hasilnya memuaskan. selamat mencoba untuk kalian. boleh di kreativitaskan lagi kok sesuai keinginan.



ingat sampah itu bukan sembarang sampah, kalau kita bisa membuatnya menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai jual maka sampah adalah ladang uang kita. selamat berkreativitas dengan sampah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar