Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Sabtu, 14 Maret 2015

Praktek Kuliah : Kewirausahaan

mahasiswa fakultas ekonomi, pasti ada mata kuliah kewirausahaan. nah disini, UNJ tepatnya jurusan Ekonomi dan Administrasi juga mengadakan mata kuliah kewirausahaan. ya pasti taulah mata kuliah ini tujuannya untuk apa, yap bener banget tujuannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para mahasiswa.


berangkat dari tujuan itu, kami para mahasiswa di berikan tugas untuk membuat suatu bisnis plan. kami di perintahkan untuk membuat kelompok yang terdiri maksimal 3-5 orang. disini pun gue langsung ngebuat kelompok yang terdiri dari gue, Yudha, Hendra, Fai, dan Syarif. dan lanjut bikin proposal bisnis plan.

karena waktu yang diberikan dikit banget, akhirnya dengan pilihan terakhir kita memutuskan untuk membuat proposal dengan judul "BALUN (Bakpao Lucu dan Unik)". proposal dibuat, selesai, langsung dikumpulin. setelah dikumpulin, ada pengumuman kalo proposal kita lolos. yaahh padahal kita berharap gk lolos. harapan yang aneh. kenapa kita pengen gk lolos? soalnya kalo lolos, tuh proposal harus dijalani padahal kita udah buat aja alhamdulillah haha.

setelah proposal lolos, kita buat produk yang ujung-ujungnya beli di abang-abang bakpao trus kita modifikasi sedikit. duh parah ini kelompok hehe. hari H presentasi pun datang, antrian banyak banget, ada berpuluh-puluh kelompok yang lolos. dan ternyata di tahap presentasi pun masih ada seleksi antara lolos atau tidak. kita presentasi, pas presentasi bapaknya biasa aja. tapi pas beliau nyobain produk kita "wah bakpaonya enak, teksturnya juga lembut. siapa yang bikin?" haha mulut ini pun asal nyeplos "ibunya Yudha pak yang buat"

presentasi selesai, kita keluar dan ketawa-tawa sendiri hehe. lanjut minggu depannya sang PJ ngumumin kelompok mana aja yang lolos, dan ternyata sesuai dengan harapan kelompok kita gk lolos. pada seneng tuh haha. untuk yang gk lolos inilah dia kebagian jaga di Economart L atau Econodot N.

begitulah prosesnya. Bikin Proposal -> Presentasi -> Jaga. alasan kita memilih jaga karena ada surat dispensasi selama satu minggu.

dan ternyata, nama gue muncul untuk jaga di minggu ke dua. bareng temen-temen yang berbeda jurusan dan angkata. gue sekelompok bareng sama :
Cendikia Baidowi (Pend. Ekonomi Koperasi B 2013)
Ulfa (Pend. Ekonomi Koperasi A 2013)
Thalya Noor (Pend. Administrasi Perkantoran A 2013)
Shabrina (D3 Akuntansi 2014)
Adi Wibowo (Pend. Akuntansi 2014)

kita ber-enam jaga bareng di Economart L. selama 5 hari kita udah kaya karyawan A***mart (sensor ya).

selama satu minggu gue jaga bareng mereka.beli air mineral, jajanan pasar, mie instan, kopi dll semua kita belanja sendiri. dengan uang modal sebesar Rp. 2.000.000. dengan target kembali sebesar Rp. 3.000.000.

dan karena Economart L terkenal sepi, kita pun sering-sering sama yang namanya ngelakuin Roadsell. kita berTAWAF kampus setiap 3-5 kali sehari. pegel banget ini kaki.

nih liat aja penampakan Economart L.
Sepi kan? di gedung L ini bukan tempat perkuliahan yang rame, cuma anak Sekertaris dan AP yang make ini gedung, tepatnya di lt.2 nya, dan mereka keseringan cuma nongkrong bentar terus masuk kelas.

Thalya dan Ulfa

pas perhitungan pendapatan ternyata kita sampe pada angka Rp. 4.400.000. alhamdulillah.

jaga selesai ternyata kita harus buat laporan. dilaporan ada motto kelompok dan motto kelompok kita adalah "Fun Oriented". kenapa mottonya itu? karena kita gk kaya kelompok-kelompok lain. kita lebih memilih berjualan tapi santia dan senang. gk mikirin target eh pas di itung tiba-tiba melebihi target. fun banget kita haha.

ya kurang lebih seperti itulah praktek kewirausahaan di UNJ. gue gk sanggup kalo nulis cerita selama 5 hari kita jaga, toh gue juga bingung mau cerita apa, terlalu santai ini kelompok haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar