Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Sabtu, 14 Februari 2015

TKK Rawamangun : Fun Cooking Rice

Kemarin tepatnya Jumat 13 Februari 2015, gue seperti biasa ngajar di TKK KSPA Lokasi Rawamangun. Karena sebelumnya gue gk punya pulsa jadi gue gk dapet kabar apa-apa. Tapi malemnya gue dapet sms dari ka Ajeng (Guru Inti di hari Jumat) dan ka Vega gk bisa dateng karena ada jam kuliah pengganti. Duh bingung gue besok harus ngapain. Akhirnya gue minjem hp emak buat sms ke Ibel selaku Koordinasi Lokasi kalo besok materinya tentang apa? “besok materinya produksi pertanian, proses padi menjadi beras ya yud” oke gue langsung bikin Lembar Kerja dan cari video proses padi menjadi beras. Oke selesai.


Pagi, kebiasaan buruk selalu terulang. Bangun telat, rebutan kamar mandi, dan di jalan mampir dulu ke toilet pom bensin. Dan akhirnya gue telat lagi. sampe di TK jam 08.32. untung udah ada ka Bintang dan Gusti yang bersedia nemenin gue ngajar. Gue dateng, kelas langsung di buka. Seperti biasa, kita berdoa, nyanyi-nyanyi, lari-larian terus kit abaca Iqro. Setelah baca iqro, tiba-tiba ada yang ketuk pintu dan itu ka Vega. “lah ka katanya ada kelas pengganti?” ternyata kelas penggantinya itu jam 10.00. untunglah. Pelajaran dimulai, ka bintang dan ka vega menceritakan bagaimana padi bisa menjadi beras. Dan gue menyiapkan video untuk liatin ke anak-anak.


Ehh kelamaan ya ceritanya haha, yaudah intinya pas lagi muter tuh video ka vega ngebisikin gue. “yud beras sama ricecookernya dmn?” lah sontak gue kaget gk tau apa-apa. “kata ibel hari ini kita fun cooking yud, masak nasi” lah gue gk dibilangin jadi gue bingung sendiri. akhirnya ka vega telepon ibunya Risa buat ijin numpang belajar di rumahnya Risa. akhirnya berangkatlah kita meskipun harus menerjang hujan. pas banget kita lagi pake sepatu ehh hujan turun, yaudah mau gk mau kita tetap berangkat soalnya anak-anaknya keukeuh mau ke rumah Risa.

sampe deh kita ke rumah Risa. langsung ijin ke dapur trus pembukaan kenalan sama beras, ricecooker dan air.
"siapa yang tau ini apa?"
Risa "beras bu"
beras asalnya dari mana?"
alvin "padi bu"
kalo di tulisan ini kayanya kondusif banget ya pembelajarannya. padahal mah kalo tau aslinya duh riweh banget. ya tau lah anak TK gimana. tambah lagi di rumah Risa ada keong, tambah deh gk karuan.

tuh kan pada main keong
terus kita sita deh tuh keong lanjut ke perkenalan sama apa aja yang dibutuhin kalo mau masak nasi. eh tapi gue lupa ngefoto pas perkenalan itu haha.

lanjut udah pada tau kita balik lagi ke dapur buat nyuci tuh beras. gantian mereka cuci beras. 
alvin sama ama
riski dan ama
risa dan alvin

ama sama alvin seneng banget dah main air.

lanjut abis itu kita ke ricecooker. 

risa "bu biar mateng pencet ke bawah"
iya bener banget ris. biar mateng ya dipencet ke bawah haha. kok bu ya? iya soalnya guru intinya ka vega dan gue sebagai guru pendamping.

selagi nunggu kita main tebak-tebakkan seputar proses padi menjadi nasi. dan siapakah yang aktif ikutan? gk ada. mereka pada tertarik sama keong. sabar banget deh kita haha. tapi eh tapi bu vega gk keabisan akal. diumpetin lah tuh keong haha.



karna ka vega jam 10 ada kelas, maka ditinggallah gue dan gusti. jadinya gue deh yang jadi guru inti. yaa kalo gue mah gk ambil pusing biarin aja mereka main keong yang penting gk nyalain tv hehe

entah kapan risa ke dalem, dia lari sambil teriak ke gue "pak pak, lampunya udah pindah!!" yap artinya nasi mateng. akhirnya mateng juga tuh nasi. lanjut kita makan bareng tuh nasi. ya nasi doang haha. eh untungnya ada rempeyek dirumahnya risa jadi kita makan nasi sama rempeyek rame-rame.

ambil nasi

maaakaaaan


makanan udah abis, perut udah keisi, dan jam udah menunjukkan jam 10.15 artinya kita pulaaaaang. dan seperti biasa kita doa sesudah makan, trus doa sebelum pulang. kelar dah pembelajaran hari ini.

meskipun muridnya cuma berlima (disitu insan gk masuk) kami tetap setia memberikan pendidikan buat mereka.
semangat terus ya nak sekolahnya!!

KSPA!!
KAMI ADA KARENA KAMI DIBUTUHKAN!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar