Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Sabtu, 23 Mei 2015

Komputer Administrasi

Perkenalkan nama saya Yudi Nur Muhamad. Kini saya kuliah di Universitas Negeri Jakarta dan menempuh perkuliahan di Fakultas Ekonomi dengan konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Nomer Induk Mahasiswa (NIM) saya adalah 8105133177.


Semester ini saya sedang mengambil mata kuliah Komputer Administrasi. Dan pada saat saya menulis post ini, saya sedang melakukan Ujian Akhir Semester. Tugas Uas kali ini adalah membuat Blog, namun saya sudah punya blog jadi saya tinggal Posting saja. Dan didalam blog tersebut diharuskan menjawab beberapa pertanyaan. Doakan semoga nilai uas saya memuaskan. Aamiin. 

Apa itu Komputer Administrasi?
Komputer Administrasi. Terdiri dari kata Komputer dan Administrasi.

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Administrasi menurut Menurut Soewarno Handayaningrat, administrasi dalam pengertian yang sempit berasal dari kata administratie (Belanda) yakni meliputi kegiatan pembukuan atau catat mencatat, surat – menyurat, dan yang lainnnya yang bersifat teknis khususnya ketatausahaan (1988:2). Dari definisi yang di ungkapkan, administrasi merupakan sebuah kegiatan ketatausahaan yang meliputi kegiatan – kegiatan seperti pembukuan baik pencatatan, penghitungan dan yang lainnya. Yang dimaksudkan untuk menyediakan suatu informasi agar bisa memperoleh informasi dengan mudah apabila dibutuhkan.

Dari pengertian ke-dua kata tersebut, saya menyimpulkan bahwa Komputer Administrasi adalah kegiatan pembukuan, surat-menyurat, dan yang lainnya yang bersifat teknis khususnya ketatausahaan dengan menggunakan komputer sebagai alat operasionalnya.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Komputer Administrasi?
·         Penggunaan Microsof Office yang meliputi Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft Publisher, Microsoft Access, dan lainnya.
·         Kecepatan mengetik
·         Mengetik dengan tepat dan menggunakan 10 jari.
·         Membuat surat formal, surat bisnis dan lainnya.
·         Penggunaan internet dengan baik.

Apa Saja Keunggulan Belajar Komputer Administrasi??
Sesuai dengan apa saja yang kita pelajari pada mata kuliah ini, saya mendapatkan keahlian-keahlian tersebut. Penggunaan Microsoft Office yang awalnya hanya pada dasar-dasar saja, kini penguasaan terhadap Microsoft Office semakin bertambah.

Selain itu, cara mengetik saya kini semakin meningkat. Mampu mengoperasionalkan Microsoft Word tanpa menggunakan Mouse dan mengetik menggunakan 10 jari. Hal tersebut menunjang saya untuk mempermudah dalam penguasaan operasional Administrasi seperti membuat surat, mengolah presentasi dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, mengefektifkan waktu penggunaan komputer dan lainnya.

Apa Kesan Mempelajari Komputer Administrasi?
Kesan? Banyak sekali. Ya meskipun pada kenyataan perkuliah saya sering ijin dan telat masuk kelas tapi tidak mengurangi keahlian yang saya dapatkan. Penguasaan komputer untuk operasional administrasi tentu saya dapatkan meskipun tidak banyak seperti teman-teman saya.

Hal yang paling berkesan adalah pada waktu UTS. Menurut saya ini sangat unik, mungkin hanya pada mata kuliah ini saya melakukan UTS seperti ini. Mempromosikan diri menggunakan PowerPoint dan mempresentasikannya. Memang kelihatannya mudah, tapi pada kenyataannya kita bingung. Bingung apa yang harus dipromosikan dari diri kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar