Selamat Berkunjung

Respon dan Masukan Anda dapat Meningkatkan Kualitas Penulis

Selasa, 09 September 2014

Rumah Belajar 12

"yang muda yang berprestasi" itu kata bener-bener cocok kalo diberikan ke organisasi yang udah lama banget udah ada di Indonesia, namanya Karang Taruna. yap bener banget karang taruna, karena di karang taruna anggota-anggotanya kebanyakan mereka yang masih dibawah umur 20tahun. padahal di UU Permensos No.77/HUK/2010
Bab I Pasal I ialah anggota karang taruna adalah masyarakat yang berusia 13-45tahun yang berada di desa/kelurahan. yaa dalam kenyataannya di RW (RW 12 kel.Kelapa Dua Wetan kec.Ciracas Jakarta Timur) gue sendiri anggotanya kebanyakan dibawah umur 20tahun.

ya itu peraturan tentang karang taruna, disini gue mau berbagi cerita tentang program yang udah terlaksana sampai saat ini. kira-kira udah 5 bulan lah. namanya "RUMAH BELAJAR 12". mungkin pada umumnya, rumah belajar itu cuma ngajarin dan mengulas pelajaran yang udah diberikan di sekolah. ya pada umumnya kita juga sama. tapi perbedaannya, kita disini berbentuk sosial alias tanpa pemungutan biaya sedikitpun alias gratis. namun kalo gratis tanpa pemasukan yang ada kita juga bakal tutup ujung-ujungnya. nah untuk mengantisipasi itu, kita memberikan syarat ke murid dan pengajar di Rumah Belajar 12 untuk membawa sampah yang bisa di daur ulang.

alhamdulillah, dari syarat yang kita berikan itu gk ada ibu-ibu yang berkomentar. malah pada saat rumbel, murid-murid banyak banget sampah yang mereka bawa. pas ditanya kok bisa banyak banget? jawabannya cukup bikin kita seneng "iya ini ibu yang milihin sampah-sampahnya kak" menurut kesimpulan gue sih, para ibu-ibu itu tidak keberatan dan malah membantu anaknya.

"dengan sampah kita menjadi yang berdayaguna" itu sih pengen gue ajuin untuk slogan rumbel 12. mudah-mudahan aja itu disetujui oleh temen-temen.

ohya pada tau kan produk PKM gue? ituloh yang gantungan rautan, nah karena program pkm udah kelar, daripada itu produk gk keurus jadi gue ajuin ke sie.danus untuk jadi usaha kita dan alhamdulillah temen-temen pkm gk keberatan, makasih banyak kawan!

dari sampah-sampah yang kekumpul dari murid rumbel 12 kaleng bekas itu kita olah jadi gantungan rautan dan kemarin udah produksi banyak dan kita berikan secara cuma-cuma ke murid rumbel dan sisanya kita jual.

nah, dari hasil penjualan sampah dan gantungan rautan, kita ada niat untuk ngajak sekaligus ngajarin cara berenang ke murid rumbel serta untuk kedepannya kita mau ngadain kemah di jambore. mungkin butuh waktu lama ya agar niat kita bisa tercapai hehe ohya, semester kemarin, kita juga pernah ngundang Pramuka Ciracas untuk memberikan game ke murid rumbel karena kita mau memberikan refresing sebelum mereka ujian kenaikan kelas (UKK) dan alhasil melihat senyuman mereka, niat kita untuk memberikan yang terbaik untuk merekan semakin kuat. doakan saja ya teman-teman blogger, kalo ada yang mau memberikan sedikit rejekinya bisa hubungi saya hehe.

nih penampakan Rumah Belajar 12 dan segala kegiatannya, cekidot!!

kaka pramuka sedang menjelaskan games


games kepercayaan terhadap teman

games kerjasama

mata ditutup lalu jatuhkan badan

tempat rumbel di sekretariat RW 12

sampah yang kekumpul


proses pembelajaran



foto bareng produk GARUT KAWAN

pengajar dan murid

pemilahan sampah

nah cukup sekian teman-teman blogger, bagi kalian yang mau memberikan donasi ke kita, bisa hubungi saya di @. untuk donasi yang diberikan, kami ucapkan terimakasih.

"berikan yang terbaik untuk mereka yang membutuhkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar